5 Tren Desain Interior yang Bakal Meningkatkan Penuh Keunikan pada 2024

Momentum tahun baru menghadirkan tren desain interior yang segar dan memikat, menjadi sorotan utama pada tahun 2024. Mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga ruang makan, semuanya akan mendapat sentuhan inovatif yang menyala.

Para ahli, dengan mengumpulkan data dari Houzz, 1st Dibs, dan desainer interior global, meramalkan bahwa beberapa tren akan mencuat tahun depan, membawa gaya baru dan menggantikan item-item lama yang sudah ketinggalan zaman.

Warna-warna mendapat perhatian khusus, dekade ikonik kembali, pola mengalami transformasi, dan keinginan untuk kehidupan yang fungsional terus berubah.

Diambil dari informasi Better Homes and Gardens, Kamis (11/1/2024), berikut adalah beberapa tren desain interior yang diprediksi bakal menjadi perbincangan hangat pada 2024:

  1. Tren Boho 70an

Modernisme pasca-perang abad pertengahan telah menguasai tren desain interior dan furnitur selama bertahun-tahun.

Menurut Anthony Barzilay Freund, Direktur Editorial di 1stDibs, kita akan menyaksikan evolusi gaya mid-mod pada tahun 2024. Bentuk modern 1960an yang mendominasi sejak 2020 akan membuka jalan bagi bohemianisme 1970an.

Berbeda dengan sederhana dan tak mencoloknya gaya furnitur era 60an, Barzilay Freund menggambarkan dekade 70an sebagai periode yang “bersemangat, subur, dan penuh warna.” Memberikan sentuhan segar bagi penggemar desain abad ke-21.

Hadirkan semangat bebas, kegembiraan, dan optimisme era itu dengan menggunakan rotan alami, furnitur ikonik, paduan motif bunga dan pola bergelombang yang berani, serta memamerkan estetika eklektik secara menyeluruh.

Baca Juga : Ruang Tamu Kecil: Ide Dekorasi

  1. Warna Kaya dan Sederhana

Selanjutnya, tren desain interior pada 2024 akan dimeriahkan oleh warna-warna kaya dan sederhana. Desainer interior kini beralih dari warna permata yang cerah ke palet musim gugur dengan hijau bijak dan warna tanah liat yang berlimpah.

Menurut data dari 1st Dibs, hijau sage diprediksi menjadi warna paling populer pada 2024, diikuti oleh coklat tanah, oranye burn, kuning mustard, dan coklat.

Joa Studholme, kurator warna di Farrow & Ball, menyatakan bahwa warna tanah liat hangat seperti Jitney dan Stirabout akan menjadi sorotan.

Nuansa hangat dan sederhana ini memberikan kenyamanan dan harmoni di tengah ketidakpastian, menciptakan ruang yang nyaman, seimbang, dan menenangkan secara visual.

Keberuntungan membuat palet warna ini membawa ingatan pada tahun 70an. Jika Anda tidak menggunakan cat, eksplorasi dengan penutup beludru, tekstur retro berlapis, dan aksesori dekoratif yang mencuri perhatian.

 

Baca Juga : 8 Kombinasi Warna Cat Dinding yang Idealis untuk Rumah Kecil

  1. Biru sebagai Tren Warna Terkemuka

Lebih dari setengah produsen cat terkemuka memilih biru sebagai representasi semangat 2024. Menurut psikologi warna, biru sering dikaitkan dengan ketenangan, relaksasi, kepercayaan, kesetiaan, dan keandalan.

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah, menjadikannya pilihan ideal untuk diterapkan di kamar tidur, kamar mandi, dan ruang relaksasi lainnya.

“Dengan banyak peristiwa dunia, tidak mengherankan jika biru menjadi pilihan utama pada 2024,” kata laporan tren Houzz.

Tentu saja, baik itu nuansa terinspirasi dari langit atau warna air yang dalam, carilah kisaran warna biru untuk menonjolkan dalam dekorasi dan perabot rumah tangga pada tahun mendatang.

  1. Motif Terinspirasi dari Alam

Motif bunga dan elemen alami lainnya diprediksi akan menjadi tren desain interior yang populer pada 2024.

Sementara itu, motif geometris, motif kotak, dan motif serangga diproyeksikan mengalami penurunan popularitas.

Menurut Barzilay Freud, dengan pergeseran desain dari warna netral dan interior yang sedikit steril pada dekade pertama abad ini, kita melihat ruang-ruang yang lebih pribadi, menarik secara visual, dan penuh nostalgia akan masa lalu yang terasa lebih baik dan sederhana.

“Tren desain terkini sangat menghargai penggunaan kembali material vintage dan merujuk pada etos utopis (dan sedikit ‘hippy’) yang mendefinisikan desain tahun 1970-an,” tambah Barzilay Freud.

Memasukkan tekstil organik berkelanjutan yang menampilkan tanaman dan fauna ke dalam desain adalah cara cerdas untuk mencapai tujuan ini.

  1. Finishing Cat dari Gloss Penuh hingga Matte

Terakhir, tren desain interior pada 2024 akan ditandai oleh finishing cat dari gloss penuh hingga matte. Eksperimen dengan finishing cat untuk memberikan kedalaman dan ketertarikan pada dinding yang datar.

“Menyeimbangkan matte dengan kilap penuh adalah cara yang menakjubkan, meski tak terduga, untuk memberikan sentuhan modern dan halus pada ruangan,” ujar Studholme.

Hasil akhir dari cat gloss yang tinggi akan memantulkan cahaya, sementara cat matte akan menyerapnya, mengubah persepsi warna dan ruang.

“Menggabungkan dua hasil akhir yang kontras dalam warna yang sama adalah cara terbaik untuk menonjolkan detail arsitektur secara halus tanpa membebani skema warna,” tambah Studholme

 

Kenapa Harus My Design Interior?

Kami telah melayani berbagai proyek Jasa Interior Rumah Semarang dan sekitarnya. Kami memiliki reputasi yang solid dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi. Tim kami selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru dalam industri desain interior, sehingga kami dapat memberikan solusi yang inovatif.

Jika Anda mencari Jasa Interior Rumah Semarang  yang mengutamakan kualitas, pelayanan, dan kreativitas, My Design Interior adalah pilihan yang tepat. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dan mulailah mewujudkan desain interior impian Anda.

Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di  0852 1960 9499, telepon di (021)53149171, atau email ke dm@mydesigninterior.com 

Jangan ragu untuk menghubungi My Design Interior dan mulailah merencanakan desain interior #MaunyaKamu.

Pilihan Editor

Pilihan Untuk Anda