Terlihat Simple dan Menarik! 7 Tips Menyusun Interior Apartemen Studio Minimalis

Tips menyusun interior apartemen

Terlihat Simple dan Menarik! 7 Tips Menyusun Interior Apartemen Studio Minimalis

Apartemen kini kian diminati sebagai hunian yang ideal bagi para kaum urban dengan mobilitasnya yang tinggi. Jenis apartemen yang paling diminati, terutama bagi mereka yang tinggah di apartemen hanya untuk singgah sepulang kerja adalah interior apartemen studio minimalis.

Nah, bagi Kamu yang baru saja memiliki atau baru berencana memiliki apartemen berukuran minimalis, seperti apartemen tipe studio, tentu Kamu tidak sabar untuk segera mengisinya dengan konsep interior apartemen studio minimalis yang Kamu inginkan.

Yuk, simak beberapa tips menyusun interior apartemen studio minimalis yang telah MyDesign Interior rangkum berikut ini:

1. Pilih warna yang sesuai

Terlihat Simple dan Menarik! 7 Tips Menyusun Interior Apartemen Studio Minimalis

Warna adalah salah satu yang paling mempengaruhi gaya dan kesan pada ruangan di apartemen Kamu. Apakah Kamu ingin menerapkan gaya yang trendy, chic, atau justru sederhana, itu tergantung dari pada warna yang menjadi latar dari seluruh ruangan.

Jika ingin apartemen studio Kamu yang minimalis memiliki kesan ruangan yang lebih luas, maka sebaiknya pilih warna-warna netral dan terang. Sehingga, satu ruangan semakin terasa lebar dan luas.

Sedangkan, jika menginginkan kesan ruangan yang lebih colorful dan ceria, Sobat bisa memilih warna-warna yang terang. Warna seperti kuning, merah, hijau, dan sebagainya bisa dipilih.

2. Jadikan area dekat bukaan menjadi area lapang

Terlihat Simple dan Menarik! 7 Tips Menyusun Interior Apartemen Studio Minimalis

Jika apartemen tipe studio Sobat memiliki area lapang dan terdapat bukaan, seperti jendela disalah satu sisinya, Kamu bisa mengosongkan area ini untuk area lapang.

Letakanlah televisi flat yang digantungkan ditembok agar tidak memakan tempat, sehingga area ini terlihat lebih luas. Hindari pemakaian meja yang besar atau meletakkan lemari pada area ini yang memberi kesan sempit.

Adanya bukaan alami, seperti jendela, pada apartemen studio Sobat yang kecil akan membuat ruangan terasa lebih menyegarkan. Desain interior apartemen studio minimalisseperti ini juga akan membuat Kamu merasa nyaman saat berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat lainnya.

3. Gunakan rak display tanpa kaki untuk kesan luas

Untuk mensiasati ruangan agar areanya semakin luas, Sobat bisa menggunakan rak display unit tanpa kaki atau rak gantung. Ini adalah solusi terbaik yang bisa Kamu coba untuk interior apartemen studio minimalis milik Kamu.

Selain memberikan area luas, pemilihan rak dengan model seperti ini membuat ruangan menjadi terlihat lebih bersih, karena tidak ada debu dan kotoran tak terlihat yang sulit dibersihkan di area tertutup.

4. Manfaatkan area dekat pintu masuk sebagai dapur

4. Manfaatkan area dekat pintu masuk sebagai dapur

Jika Sobat bingung menempatkan area masak atau dapur pada apartemen minimalis milik Kamu, area transisi antara pintu masuk dengan kamar mandi atau ruang inti bisa dimanfaatkan untuk dapur. Apalagi untuk Kamu yang sehari-harinya di luar apartemen, dimensi atau ukuran untuk dapur tentunya tidak butuh area yang besar.

Sobat bisa membuat dapur dengan kitchen set mini saja pada interior apartemen studio minimalis milik Kamu. Meski area ini dibuat minimalis sekali, area dapur sudah bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Jangan lupa, tambahkan penghisap asap kompor agar area lainnya tidak terasa sumpek.

5. Maksimalkan furnitur ruang tidur hanya pada satu sisi

5. Maksimalkan furnitur ruang tidur hanya pada satu sisi

Untuk menambah kesan minimalis dan luas, Sobat bisa memilih furnitur untuk ruang tidur dengan nuansa kayu atau nuansa putih. Penggunaan tempat tidur tanpa dipan atau dipan dengan laci penyimpanan, sangat membantu membuat ruangan apartemen studio minimalis terasa lebih luas dan fungsional.

Kemudian, furnitur sebisa mungkin ditempatkan secara sejajar. Hal ini sangat berpengaruh pada ruangan agar terasa lebih luas. Selain itu, gunakanlah cermin-cermin besar di beberapa sisi yang sempit. Penggunaan cermin juga bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan karena pantulan-pantulan dari ruang dan cahaya lampu di dalam ruangan.

6. Kombinasikan 3 jenis pencahayaan untuk membangun mood ruangan

Dalam ilmu desain, pencahayaan merupakan unsur penting untuk memberi kesan pada sebuah ruangan.  Desain Interior akan terasa hampa, apabila tidak ada aksen dari segi pencahayaan.

Nah, untuk membangun mood dalam desain interior apartemen studio minimalis, Kamu bisa memadukan tiga jenis pencahayaan yang berbeda-beda, seperti jenis pencahayaan terpusat, pencahayaan fokus, dan pencahayaan tambahan.

Untuk jenis pencahayaan terpusat, Kamu bisa gunakan lampu gantung. Untuk pencahayaan fokus, Kamu bisa menggunkan standing lamp dengan gaya yang disesuaikan dengan konsep ruangan.

Sedangkan, untuk pencahayaan tambahan, Kamu bisa memanfaatkan lampu dinding. Sebisa mungkin warna cahaya yang ditampilkan cerah dan tidak berwarna-warni agar kesan luas semakin menonjol di berbagai sudut ruangan.

7. Manfaatkan tanaman hias untuk sentuhan dekoratif

7. Manfaatkan tanaman hias untuk sentuhan dekoratif

Trik dan tips terakhir untuk membuat desain interior apartemen studio minimalis Sobat adalah dengan menggunakan berbagai pernak-pernik ruangan yang sederhana.

Sesuaikan aksesoris ruangan dengan gaya desain interior yang Kamu inginkan. Misalnya, dengan menggunakan variasi tanaman hias yang bisa Kamu gunakan untuk berbagai gaya desain, mulai dari minimalis, skandinavian, bohemian, rustic, dan lain sebagainya.

Selain tanaman hias, Kamu juga bisa memperhatikan setiap detail dekorasi. Misalnya, dengan menaruh throw pada sofa yang menciptakan kesan ruangan yang warm dan nyaman.

Dekor ini cocok diterapkan pada apartemen berkonsep skandinavian atau bohemian. Perpaduan unsur kayu dengan elemen dekorasi ini, menambah kesan warm dan semakin menarik.

Nah, itulah tadi tips menyusun interior apartemen yang bisa Sobat aplikasikan untuk mengisi desain interior pada apartemen studio minimalis Kamu. Tips dan trik ini tidak sulit dan sangat mudah diterapkan.

Dengan penataan yang demikian, tampilan desain interior pada apartemen studio Sobat jadi terlihat lebih ideal. Kamu pun bebas melepas lelah setelah seharian bekerja di pusat kota yang penuh peluh dan hiruk pikuk manusia.

Jangan lupa kunjungi https://mydesigninterior.com/untuk ide dekorasi tambahan!

mydesign interior

Jika Anda memerlukan konsultasi untuk merancang hunian atau kantor Anda, jangan ragu untuk menghubungi My Design Interior. Kami siap membantu Anda dalam merencanakan desain yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat menghubungi kami melalui telepon di 085219609499, atau Anda juga bisa mengirim email ke alamat email. Tim kami akan merespons dengan cepat dan siap memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Pilihan Editor

Pilihan Untuk Anda